Selasa, 23 September 2008

Soft Skill, Perlukah??

Bersaing di dunia kerja, ternyata tidak hanya membutuhkan nilai cumlaude yang kita dapatkan sewaktu bekerja keras di bangku kuliah. Tidak hanya membutuhkan kecepatan kita menyelesaikan studi. Akan tetapi aplikasi bersaing memperebutkan posisi kerja di dunia yang serba ‘berani’ ini juga dibutuhkan kemampuan lain. Misalnya kemampuan menulis surat lamaran yang baik, menulis cv, teknik interview yang tepat, penampilan yang menarik, rasa percaya diri yang kuat dan beberapa soft skill lain yang mendukung. Kemampuan tersebut dapat kita kuasai dengan terus berlatih, tentunya kita harus punya guru untuk hal tersebut.
Bayangkan saja, kita memiliki otak yang pintar, kemampuan mengoperasikan suatu mesin dengan luar biasa, akan tetapi ketika job interviev mulut kita tertutup rapat, keringat bercucuran, bahkan kata yang keluar seperti berloncatan tak beraturan. Jika hal ini yang terjadi, maka pupuslah mimpi kita untuk bisa menjadi pemenang dalam job interview tersebut. Hal itu dikarenakan kita tidak mampu menjual diri atas kelebihan kita.

Berlatih menulis surat lamaran yang menarik sehingga memancing perusahaan untuk memanggil kita, berlatih menjawab pertanyaan dengan waktu 60 detik, berpenampilan menarik, merupakan trik tepat supaya kita memiliki bekal ketika akan terjun dalam usaha pencarian kerja.