Jumat, 06 Mei 2011

UANG BUKAN SATU-SATUNYA ALAT MOTIVASI


Ketika kinerja tim kita tidak mencapai target seringkali kita membawa topic bahasan “upah” ke meja meeting dan menjadikannya sebuah pembenaran kenapa performa kinerja team menurun, kualitas hasil produksi tidak optimal, target penjualan tidak achieve dsb. Meskipun pada dasarnya memberikan kompensasi yang adil atas kinerja karyawan merupakan cara terbaik untuk membuat orang mau bekerja dengan baik. Tapi, apakah itu dapat dijadikan jaminan?

Sebagai seorang leader (manager/supervisor) tentunya kita memiliki peran untuk mengontrol seberapa besar team kita menganggap bahwa perusahaannya yang telah menginspirasi dirinya dalam kehidupannya. Perlu kita pahami bahwa perusahaan telah membuat kita (team/karyawan) berani memiliki mimpi dan menjadikan dunia lebih baik. Bayaran yang selama ini selalu di’angkakan” dalam bentuk rupiah dapat kita pindahkan menjadi bayaran yang jauh lebih tinggi nilainya.

Bagaimana caranya?

“MOTIVASI”, Leader memiliki peran sebagai seorang motivator. Motivasi disini adalah memaknai kehidupan sehari-hari dengan hal yang positif. Percakapan informal tentunya dapat dijadikan alat untuk menggali makna kerja karyawan kita dibandingkan pertanyaan “ mengapa anda keluar? Apakah anda butuh gaji yang lebih besar?

Setiap orang merindukan melakukan sesuatu yang dapat menggali potensi mereka, lebih mudahnya mereka rindu dianggap menjadi orang penting. Mereka ingin bahwa upaya-upaya mereka meskipun sedikit dapat membuat malam lebih baik dibanding ketika ia memulainya pada pagi hari. Karenanya, kita dapat membantu mereka memahami hubungan pekerjaan dengan mereka sendiri dan untuk melakukan hal tersebut memang dibutuhkan sebuah imajinasi.

Seorang pegawai taman rumah sakit misalnya, mereka tidak hanya bertugas sebagai pemotong rumput dan penyiram bunga, tapi mereka telah melakukan hal yang luar biasa yakni menjadikan taman yang indah dan bernilai tinggi. Jika dihubungkan dengan kesehatan, berapa banyak orang yang akhirnya kembali sehat karena dapat menikmati taman yang indah.

Setiap pekerjaan mengandung berbagai cara untuk meredakan rasa sakit, memulihkan harapan dan membuat dunia menjadi lebih indah. Kabar menariknya, kitalah yang bertugas untuk menterjemahkannya! Smangad!!!