Sabtu, 03 Oktober 2009

How to motivate ourselves to building self-esteem?

Bagaimana kita memotivasi diri kita dengan membangun rasa percaya diri???

Fondasi dari semua motivasi adalah HARAPAN. Tanpa sebuah harapan, motivasi tidak akan pernah muncul.., harapan seperti bahan bakar yang menggerakkan mesin.
Membangun sebuah harapanpun membutuhkan rasa kepercayaan diri yang kuat. Seringakali kita melihat kawan disekitar kita merasa tidak berani untuk memiliki 'harapan indah' dalam hidup ini. Hal itu dikarenakan kurangnya kepercayaan diri. Nah, ada beberapa cara supaya kita bisa membangun kepercayaan diri sehingga mampu menjadi fondasi untuk memotivasi diri kita :

* Jauhkan diri dari alasan, begitu banyak orang mengambil langkah mundur sambil memberikan alasan-alasan yang tidak bisa dibenarkan. misalnya
  • saya tidak mampu karena...
  • saya tidak memiliki pendidikan yang relevan..
  • saya terlalu tua..
So, usahakan menyingkirkan kata 'aku tidak bisa' menjadi kata 'aku bisa'. karena otak kita adalah tempat penyimpanan-apa yang kita masukkan maka kita akan dapat keluarannya. Karena itu pastikan simpan di otak kita masukan yang positif.

* Gunakan kekuatan gambar,
Seperti apakah gambar diri kita?
Kita semua telah mendengar ungkapan 'percaya karena melihat". Dengan segala keterbatannya, otak dapt membantu kita tanpa bats untuk meraih ambisi hidup kita jika kita memberinya kesempatan. Bayangkan diri kita menjadi yang kita inginkan. Visualisasikan dengan jelas apapun yang ingin kita capai. Apabila kita membayangkan diri kita memiliki penyakit yang buruk, hampir bisa dipastikan akan mengalaminya!

* Jangan takut gagal,
Ada orang-orang yang tak pernah mencoba apapun karena perasaan takut gagal ini telah tertnam di otak mereka selama bertahun-tahun. Mereka memikirkannya setiap hari sampai benar-benar tidak melakukan sesuatu. Sehingga mereka menjadi tidak percya diri, tidak yakin dan tidak bahagia. Satu-satunya cara menglahkan rasa takut adalah melakukan terus sesuatu yang kita takuti.

* Penampilan dapat membangun rasa percaya diri
Tak perlu pelit mengeluarkan uang dari kantong untuk memastikan diri kita tampil lebih baik. Penampilan luar juga sangat penting untuk membangun rasa percaya diri kita.

* Kumpulkan catatan sukses di masa lalu
Setiap orang pasti punya suksesnya sendiri, menyimpan dn mengingat kembali kesuksesan kita di masa lalu mampu menyegarkan kita untuk bangkit dari 'kekalahan' dan melambungkan kembali aset kita yang berharga di perjalanan hidup kita.

Semoga bermanfaat... tulisan ini diolah dari bukunya Richard Denny, penulis best seller internasional.