Kamis, 31 Juli 2008

Human Relation

Dalam lingkup sosial maupun profesional, seseorang selalu saja bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain. Hampir setiap saat kita selalu bertemu dengan orang asing, baik di lingkungan rumah, sekolah, perusahaan tempat kita bekerja, hubungan bisnis, maupun di perjalanan kita menuju suatu tempat. Dan permasalahan yang selalu timbul ketika kita bertemu dengan orang yang baru dikenal adalah 'kebekuan'. Dalam hal pembicaraan bisnis, beberapa hal perlu diperhatikan. Pertama, bagaimana caranya kita menghilangkan rasa malu. Adalah hal yang wajar jika setiap orang memiliki rasa malu jika bertemu dengan orang asing, hanya saja mungkin kadarnya berbeda. Memiliki bekal kepercayaan diri yang kuat, merupakan langkah awal yang baik. Sehingga perasaan rendah diri yang berlebihan bisa segera mungkin dijauhkan dalam pikiran kita dan tentunya hal tersebut mampu membuat kita enjoy ketika berbicara dengan orang tersebut. Kedua, bagaimana kita membangun kepercayaan diri ?? Beberapa faktor yang ampuh supaya kita bisa memiliki kepercayaan diri yang kuat antara lain adalah :

  • sikap yang baik, yakni sikap yang indah yang dibungkus dengan senyum dan sapa
  • gaya berbicara yang menjual, yakni etika berbicara yang mampu mebuat lawan bicara kita terkesan. Dalam hal ini olah tubuh dan kontak mata memiliki peran yang cukup penting.

  • Penampilan yang menarik, yakni penampilan yang tepat ( mampu menempatkan diri ). Misalnya dalam lingkup profesional, seseorang yang berpenampilan sopan, elegan dan eksekutif akan jauh lebih menarik perhatian lawan bicara dibandingkan dengan orang yang berpenampilan biasa saja.
  • Citra diri, yakni gambaran yang indah dan menarik tentang diri seseorang sehingga mampu meninggalkan kesan positif bagi lawan bicara.

Dengan menguasai beberapa hal tersebut di atas, seeorang akan memiliki kepercayaan diri yang kuat, sehingga ketika memulai berkomunikasi dengan relasi untuk tujuan tertentu tidak akan mengalami kesulitan.

Dalam lingkup Bisnis jika kita akan bertemu dengan relasi, beberapa hal yang tidak boleh kita lupakan adalah :

  • persiapan, diantaranya membuat appoitment, menyiapkan bahan pembicaraan, berpenampilan yang sesuai.
  • berkomunikasi dengan etika yang baik dan benar
  • pastikan mendapatkan kartu nama atau contac person yang memegang peran terhadap hal yang sesuai dengan sasaran kita.
  • tinggalkan kesan yang positif