Kamis, 31 Juli 2008

Pingin Hubungan Kita Langgeng??


Adalah naluriah jika seorang manusia jatuh cinta dengan lawan jenisnya. Jatuh cinta itu indah, penuh dengan perasaan berbunga. Dunia serasa milik berdua dan yang lain hanyalah hiasan saja. Apapun dilakukan untuk dapat mewujudkan cinta itu. Tapi, ketika cinta itu terwujud, mudahkah kita menjaga hubungan tersebut supaya lebih mendalam dan memuaskan?

Banyaknya kasus gonta-ganti pacar, perceraian hingga KDRT merupakan contoh betapa sulitnya kita menjaga sebuah hubungan yang spesial ini.

Pria dan wanita berasal dari tempat yang berbeda, tentunya mereka juga memiliki karakter yang berbeda pula. Wanita yang selalu ingin diperhatikan dan pria yang slalu ingin dipercaya. Wanita ingin dicintai dan pria ingin merasa dibutuhkan. Wanita membutuhkan kesetiaan dan pria membutuhkan kekaguman, dan masih banyak hal lain yang membuat dua sosok itu berbeda.

Unsur-unsur apa saja yang mampu menjaga hubungan kita?

  1. Komunikasi merupakan sarana yang cukup penting dalam sebuah hubungan, sedangkan pertengkaran adalah unsur paling merusak. Pertengkaran sangat menyakitkan, untuk itu sangat perlu untuk dihindari. Mencoba untuk saling menghargai dan menerima keadaan masing-masing cukup membantu mencegah pertengkaran.
  2. Tak lelah memotivasi pasangan. Rahasia memberi semangat masih berlaku hingga sekarang. Kaum pria jadi termotvasi dan bersemangat kala mereka merasa dibutuhkan.Jika ia merasa tidak dibutuhkan, lambat laun ia menjadi pasif dan kurang bergairah. Sama halnya dengan seorang pria, seorang wanitapun akan merasa termotivasi jika ia merasa dicintai. Jika tidak, maka lambat laun ia akan merasa terpakasa dan kelelahan karena terlampau banyak memberi.
  3. Jangan pernah berusaha merubah pasangan anda seperti yang anda kehendaki. Keluhan yang serng diungkapkan pria mengenai wanita dalah bahwa wanita senantiasa mencoba mengubah pria. Berilah mereka dukungan, karena dengan cara demikian cinta itu akan tetap terjaga.

Belajar mengendalikan emosi, tak mudah terpancing amarah, berusaha mengomunikasikan setiap permasalahan dan senantiasa menghargai perbedaan masng-masing merupakan upaya jitu untuk memberikan kesempatan agar cinta terus berkembang...

By: emmySs

Tulisan ini bersumber dari bukunya John Gray, Ph.d yang berjudul Men Are From Mars Women Are From Venus