Sabtu, 02 Agustus 2008

Belajar Menjadi Marketing


Jika anda adalah seorang marketing pemula, saya ingin membagi pengalaman saya di dunia marketing.

Hal-hal yang perlu anda miliki sebagai seorang marketing pemula adalah sebagai berikut


Pertama, mulailah dari sikap percaya diri. Seorang marketing harus memiliki kepercayan diri yang kuat. Hal ini akan sangat membantunya untuk memberikan trust atau kepercayaan kepada konsumen. Trik mengenai membangun kepercayaan diri telah saya bahas di jendela blog saya sebelumnya. Termasuk di dalamnya adalah berpenampilan yang menarik, sikap dan etika dalam bergaul dan masih banyak lagi yang lainnya.


Kedua, memiliki wawasan yang luas. Setidaknya seorang maeketing harus tahu betul tentang product knowledge yang akan ia pasarkan. Baik itu berupa jasa (asuransi, credit card,ekspedisi dsb) maupun berupa produksi. Jangan sampai konsumen jauh lebih tahu dibandingkan anda sebagai marketingnya.


Ketiga, memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Cara berkomunikasi kita sangat menentukan deal atau tidaknya sebuah transaksi. Tidak jarang terjadi sebuah produk yang bernilai tinggi tidak mampu terjual atau terpasarkan secara sempurna karena kurang mampunya si pemasar dalam upaya bernegosiasi. Seorang marketing profesional tentunya akan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Komunikasi disini meliputi komunikasi verbal maupun non verbal. Gunakan olah tubuh anda dan kontak mata. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, maka secara naluriah seni menjual kitapun akan terpancar sehingga kesan positif yang kita tinggalkan pada konsumen akan melekat.


Keempat, memiliki networking yang luas. Seorang marketing harus memiliki banyak teman dan banyak relasi. Hal ini akan memudahkan kita untuk melakukan strategi pemasaran dan memudahkan kita mendapatkan oppourtunity dari manapun. Untuk memiliki networking yang kuat, modal awal yang harus anda miliki adalah kemampuan memperkenalkan diri anda. Artinya, usahakan setiap konsumen mengetahui siapa anda, mengingat senyum anda dan sikap positif anda. Oleh karena itu kartu nama bisa dijadikan jembatan untuk tetap menjaga hubungan baik antara anda dengan relasi.


Kelima, Berani melakukan Inovasi. Persaingan dalam dunia pemasaran sangat luar biasa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dan ide-ide segar untuk bisa tetap bersaing dan eksis dalam dunia yang penuh dengan ketdakpastian tersebut. Seorang marketng tidak membutuhkan intelegensi yang tinggi, akan tetapi lebih cenderung ke smart. Yakni cerdas dalam menghadapi suatu masalah, memutuskan suatu hal, dan cerdas menyikapi segala sesuatu. Ini berarti seorang marketng juga harus mampu membaca peluang pasar.


Dengan lima tips di atas, setidaknya dapat dijadikan pegangan bagi seorang marketing pemula untuk masuk dunia kerja yang sebenarnya. Sehingga hubungan yang baik dengan konsumenpun tetap terjaga. Pembahasan mengenai marketing tingkat lanjut akan saya sampaikan di halaman berikutnya. Selamat Mencoba!!