Senin, 11 Agustus 2008

Sukses via Jabat Tangan

Tentukan Kesuksesan dengan JABAT TANGAN Anda yang Pertama



Percaya atau tidak bahwa jabat tangan anda yang pertama kali dengan orang yang anda temui yang akan menentukan apakah anda diterima kerja atau tidak, proyek anda disetujui atau tidak, dan yang lainnya.

Contoh kasus saja, ketika kita mendapat panggilan wawancara kerja. Apa saja yang kita persiapkan dan perhatikan?, kalau saya boleh menebak adalah penampilan anda, penguasaan materi pekerjaan dan sebagian ada yang memperhatikan etika berkomunikasi. Jarang sekali kita memperhatikan hal yang kecil ini meskipun sebenarnya yang kecil ini adalah sesuatu yang BESAR.


Pernah saya bertemu dengan seorang GM dari sebuah hotel terkemuka di kota saya, ketika salah satu rekan saya bertanya bagaimana cara bapak menentukan apakah karyawan itu diterima atau tidak di perusahaan bapak? Jawabannya di luar dugaan para audience. Beliau menjawab, saya menerima karyawan saya dari cara dia berjabat tangan. Masalah dia pintar, cantik dan hebat itu urusan belakang. Bagi saya, kesan pertama itulah yang menentukan.

Kasus lain, saya pernah juga bertemu dengan seorang supervisor di sebuah toko buku di kota Bandung. Saat itu supervisor sedang menunggu suplier yang akan mengajukan proposal kerjasama. Sebelum bertemu dengan orang yang bersangkutan, sang supervisor mengeluh pada saya bahwa ia sebenarnya malas menerima tawaran kerjasama dengan suplier tersebut. Beberapa saat kemudian suplier yang ditunggupun tiba, ia melangkah dengan pasti kemudian menjabat erat tangan sang supervisor. Di luar dugaan saya juga, sang supervisor yang tadinya tidak begitu bergairah menjadi seperti kesetrum karena jabat tangan yang menggetarkan tersebut. Dan ini merupakan awal yang baik bukan??


Nah, kenapa saya mengangkat jabat tangan sebagai suatu hal yang sangat penting ketika kita bertemu dengan seseorang. Melalui jabat tangan kita bisa mengetahui seberapa besar semangat orang tersebut, seberapa besar kepercayaan dirinya.Karena itu, berjabat tanganlah yang benar, pastikan jabat tangan anda penuh semangat dan kuat.