Senin, 11 Agustus 2008

Menjadi Bintang

Menjadi Bintang di Tempat Kerja


Di setiap perusahaan, pasti ada seseorang yang menjadi bintang perusahaan. Yakni orang yang selalu jadi pusat perhatian. Bintang Perusahaan yang saya maksudkan disini bukanlah orang yang cantik atau tampan dalam artian fisik semata. Akan tetapi mencakupi keseluruhannnya. Nah, apakah anda ingin menjadi bintang perusahaan?, akan tetapi masih bingung apa yang harus dilakukannya?

Beberapa strategi di bawah ini merupakan jalan yang bisa anda tenpuh untuk menuju lorong kebintangan:


  1. Modal. Kita harus punya modal terlebih dahulu, antara lain IQ, kepribadian, adaptif terhadap lingkungan sehingga mampu berorganisasi dan modal yang penting lagi adalah pendidikan. Akan tetapi semua modal tersebut tidak akan ada artinya jika kita tidak memanfaatkannya menjadi kekuatan yang bergerak.
  2. Mengenal perusahaan dengan Baik. Untuk menjadi bintang perusahaan, upayakan anda mengenal dekat perusahaan anda. Sejarahnya, sistem, pelayanan,SDM dan product knowledge.
  3. Bintang percakapan. Istilah diam adalah emas tak lagi berlaku disini. Seorang bintang perusahaan adalah seseorang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang hebat. Komunikasi disini dalam konteks komunikasi yang berkualitas, tahu tempat, tahu batas dan tahu menarik perhatian orang.
  4. Mampu bekerjasama dengan tim. Bintang perusahaan bukanlah orang yang melakukan pekerjaan dirinya, rekan kerjanya dan pimpinannya dengan kemampuannnya sendiri. Akan tetapi bagaimana kita bekerjasama menyatukan kemampuan yang kita miliki dengan orang lain.
  5. Berjiwa memimpin. Loyal terhadap perusahaan, melakukan pekerjaan dengan benar dan tepat waktu, menurut perintah, tidaklah cukup untuk menjadi seorang bintang perusahaan. Kemampuan memimpin memiliki peran yang cukup penting juga. Seorang bintang harus memiliki jiwa kepemimpinan dengan komponen sebagai berikut: berpengetahuan, membawa energi positif ke tempat kerja dan senantiasa memberikan perhatian pada setiap orang.

Saya yakin dengan beberapa strategi di atas akan memudahkan anda menjadi bintang perusahaan. Belajar peka terhadap apa yang terjadi perusahaan, mencoba mencari solusi, aktif dan kreatif akan membawa ke hawa kebintangan tersebut.