Jumat, 01 Agustus 2008

Gajah Vs Nyamuk


Takutkah anda pada GAJAH??


ketika anda mendengar kata gajah, apa yang terbayang pada benak anda?, kalau saya boleh menebak. maka yang anda pikirkan adalah Besar, berbelalai panjang dan mungkin juga merek sebuah Sarung.


yah.. gajah adalah seekor binatang yang seringkali disimbolkan sebagai sesuatu yang besar, kuat dan tangguh. Tapi, apakah gajah menggigit? Pernahkah anda mendengar orang mati karena digigit gajah?

sayangnya hal tersebut jarang sekali kita dengar, yang terjadi justru orang mati karena digigit NYAMUK. Hah?? nyamuk?, benar sekali, makhluk kecil tersebut justru yang ditakuti oleh jutaan umat manusia karena mampu menjadi media yang SADIS, mampu membunuh manusia lewat demam berdarah, malaria, dll.


Apa sebenarnya yang ingin saya sampaikan adalah bahwa kita sebagai manusia seringkali terkotak pada permasalahan yang serba big (baca: besar), kita lupa bahwa banyak hal kecil di sekeliling kita yang justru terkadang membuat kita jatuh.

Misalnya saja, anda ingin pergi ke Kaliurang, sayangnya jalan di kota tersebut tidak begitu baik. banyak batu-batu dan kerikil yang menghalangi perjalanan anda. Maka anda berpikir bahwa yang harus dilakukan adalah membuang batu=batu besar tersebut supaya jalan anda menjadi mulus. tanpa berpikir bahwa justru kerikil yang tajam itu yang bisa membuat anda terpeleset.

sama halnya dengan kehidupan kita, dalam dunia bisnis misalnya. Kita seringkali berpikir, menyusun strategi bagaimana caranya menyingkirkan pesaing-pesaing besar kita. Tanpa melihat bahwa pesaing kecil di sekitar kita justru yang akan membuat kita jauh.

Karena itu, marilah kita mencoba untuk peka terhadap hal-hal di sekitar kita. Mulai dari hal yang kecil sekalipun.

Sebab, Gajah tidak menggigit bukan??



tulisan ini bersumber dari bukunya Mario Teguh