Jumat, 01 Agustus 2008

Menjadi PR Berkualitas

PR = SDM UNGGUL

Sumber Daya Manusia yang Unggul adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam kehidupan ini sangat dibutuhkan SDM yang unggul, pengertian unggul di sini bukan hanya terpatok pada kemampuan intelegensinya akan tetapi juga diperkuat oleh unsur pengendalian emosi dan nilai-nilai spiritual. Seorang pribadi yang unggul dimulai dengan pola pikirnya yang berkualitas. Ia memiliki visi, misi, isi, aksi dan melakukan evaluasi. Dalam profesi public relation, SDM yang unggul merupakan modal awal yang sangat peting untuk menjadi PR yang berkualitas.
Selain yang telah disebutkan di poin pertama mengenai ulasan menjadi public relation yang berkualitas, maka yang perlu oleh seorang PR adalah jiwa kepemimpinan. Dalam sebuah organisasi, lembaga atau perusahaan PR dapat diartikan fungsi manajemen yang mengelola komunikasi dalam rangka menjembatani kepentingan organisasi dengan kepentingan beragam publik untuk mencapai tujuan pengertian bersama (mutual understanding), meningkatkan pemahaman, membangun ketertarikan, dan menumbuhkan simpati publik Oleh karena itu kemampuan mengatur,mempengaruhi dan mengelolala diri sendiri serta orang lain juga harus dimiliki oleh seorang PR. Karena pada kenyataannya, profesi PR memang sangatlah kompleks.
Kemampuan memimpin atau leadership sangat dibutuhkan untuk menjadi PR yang berkualitas.

LEADERSHIP
L : Layanan yang memuaskan
E : Etika yang baik dalam sikap, gaya dan komunikasi
A : Anggun dalam berpenampilan
D : Dedikasi yang tinggi terhadap lembaga/organisasi yang diwakilinya
E : Emotional Quotiens yang kuat
R : Ramah dan Rapi
S : Spiritual yang tinggi
H : Hubungan yang baik dengan publik
I : Ide kreatif
P : Pemimpin yang berkualitas
Modal awal apakah yang harus dimiliki oleh seorang PR?
Untuk menjadi seorang PR, kita harus memiliki beberapa kemampuan dasar. Sebagaimana diketahui bahwa PR citraan dari lembaga yang diwakilinya sehingga mampu memeberikan trust/ kepeecayaan kepada publik, maka seorang PR yang berkualitas juga harus memiliki Integrity. Hal ini dimungkinkan untuk memperkuat keberadaan dari PR itu sendiri. Oleh karena itu PR harus menguasai IPTEK.

IPTEK

Ilmu tentang PR dan teknologi
Planning dan rencana kerja yang jelas
Tahu product knowledge
Evaluatif
Kritis


Modal awal yang harus dimiliki oleh seorang PR antar lain adalah :
Memiliki pengetahuan tentang teori publik relation. Sehingga ia tahu betul mengenai seluk beluk dunia ke-PR-an, hal tersebut diharapkan agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai peran dari PR itu sendiri. Selain itu ia juga memiliki penegtahuan tentang teknologi. Tentu saja, seorang PR harus jauh dari kata GAPTEK. Karena seorang PR adalah seorang yang penuh inovasi, kreatif dan mengikuti perkembangan teknologi. Jika sudah ada email, kenapa hapa harus dengan Fax?. Semua tentunya teap dalam koridor efektif dan efisien.
Memiliki planning atau perencanaan kerja. Seorang PR tentunya memiliki program-program kerja untuk menunjang keberhasilan dari visi dan misi lembaga atau perusahaan yang diwakilinya. Hal tersebut harus dibuat perancangan terlebih dahulu.
Tahu Product Knowledge. Sangat menggelikan jika kita sebagai seorang PR dari perusahaan tertentu tidak banyak tahu tentang produk atau jasa yang kita tawarkan pada publik. Oleh karena itu seorang PR harus memiliki pengatuhaun tentang priduct knowledge secara mendetail. Karena pada dasarnya salah satu peran PR adalah menjual dan mempromosikan suatu barang atau jasa dari perusahaan yang diwakilinya. Dalah hal ini PR juga berperan sebgai seorang marketing.
Memiliki kemampuan mengeavaluasi dari segala bentuk proses dan hasil dari setiap peristiwa atau pekerjaan. Ia juga harus berpikir untuk hasil yang lebih di kemudian hari. Kemampuan menganalisa sangan dibutuhkan dalam hal ini.
Seorang PR juga harus krtitis terhadap suatu issue. Sebab seorang PR merupakan ujung tombak dari sebuah lembaga atau perusahaan yang diwakilinya. Itu artinya, setiap kejadian dalam perusahaan tersebut PR lah orang pertama yang harus tahu.
Dari uraian di atas, jelaslah bahwa seorang PR tidak hanya sebuah hiasan yang mampu beramah-tamah, tersenyum manis, berkomunikasi yang baik, memiliki sikap dan gaya penampilan yang menarik, akan tetapi seorang PR harus memiliki kualitas, yang antara lain juga didukung oleh kemampuan LEADERHIP dan penguasaan IPTEK.
tulisan ini hanya sebagian kecil dari aspek yang harus dimiliki oleh seorang PR...